Tips Memilih Judul Buku

5 Tips Memilih Judul Buku Agar Lebih Menarik

Berikut ini akan saya jelaskan tentang tips memilih judul buku agar menarik dan mudah diingat, bisa kamu praktikan langsung!

Penerbit Buku Kampungku – Sebagai seseorang yang ingin menulis buku, mungkin kamu kadang kebingungan untuk memilih judul buku yang akan kamu terbitkan. Pasalnya, selain sampul buku yang menarik, judul buku yang juga harus menarik.

Dan tahukah kamu, bahwa ternyata bagian paling penting dari sebuah adalah judul bukunya. Orang akan mengingat judul buku. Orang akan memberitahukan kepada sesame pembaca mengenai buku, dengan memberitahukan judul bukunya terlebih dahulu.

“Judul bukunya apa, sih?”

“Coba deh, baca buku berjudul ABC…”

Demikian kurang lebih orang-orang melontarkannya. Jika kamu ke toko buku, kamu pasti akan membaca terlebih dahulu judul bukunya. Dengan judul buku yang menarik, bahkan beberapa editor tertarik untuk melakukan penyuntingan dan tertarik untuk membacanya dari awal hingga akhir. Jadi, buatlah judul buku yang menarik, unik dan mudah diingat.

Dan untuk membuat judul buku yang menarik dan mudah diingat, tentu saja kamu butuh strategi khusus.

Lantas, apa saja sih tips yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat judul buku agar pembaca tertarik dan mudah untuk mengingatnya?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih judul buku yang menarik dan mudah diingat oleh pembaca:

1. Pastikan Judul Bukumu Unik Sehingga Mudah Diingat

Tips pertama untuk memilih judul buku agar menarik adalah bahwa kamu harus memastikan judul bukumu unik. Sebab, sesuatu akan mudah diingat jika dan hanya jika sesuatu itu unik. Termasuk dalam membuat judul buku.

Lalu berapa kata sih, judul buku yang menarik? Sebenarnya untuk berapanya tak ada ukuran standar. Asal menarik. Ada kok, judul buku yang hanya menggunakan dua kata namun unik. Misalnya saja, judul buku “Na Willa” karya dari Reda Gaudiamo.

Ada pula judul buku yang panjang namun juga menyita banyak perhatian para pembaca. Seperti bukunya Marchella FP berjudul “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”

2. Pastikan Judul Bukumu Tegas dan Bermakna

Tips memilih judul buku berikutnya, selain judul buku yang kamu pilih unik sehingga mudah diingat, kamu juga harus memastikan bahwa judul bukumu haruslah tegas dan memiliki makna. Sebab, yang bermakna seringnya berasal dari hati—tak sekadar berasal dari kepala.

Maka, libatkan hatimu untuk memilih judul buku. Banyak-banyak merenung dan berkontemplasi. Kata orang-orang, yang dari hati akan sampai pula ke hati.

3. Sebaiknya Selesaikan Naskah Dulu Sebelum Menentukan Judul Buku

Kadang-kadang, beberapa dari kita—sebagai seorang penulis pemula terlalu sibuk memikirkan judul buku yang menarik. Padahal naskah bukunya saja belum diselesaikan. Saya kira dengan terlalu banyak mikir judul buku, lebih baik segera selesaikan naskah terlebih dahulu sampai selesai. Barulah setelah itu baru menentukan judul bukunya.

Dengan kamu menyelesaikan naskahnya, kamu tak akan kesulitan untuk memilih judul buku. Sebab, akan mudah menyimpulkan karena naskahnya sudah utuh dan jelas. Tapi tentunya yang namanya ide kadang-kadang muncul kapan aja tanpa kita menyangkanya. He-he-he.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Di Website Agar Mudah Dipahami

4. Mengambil Judul Buku Dari Nama Tokoh

Tips memilih judul buku selanjutnya mungkin kamu bisa mengambil judul buku dari nama tokoh yang ada di bukumu tersebut. Ini untuk buku-buku fiksi, ya. Bukan buku-buku non-fiksi. Sebab, ada banyak penulis di Indonesia yang memilih pendekatan ini untuk menentukan judul buku Misalnya saja, beberapa judul buku serial anak mamak karya dari Tereliye. Di antaranya:

  • Eliana (Si Anak Pemberani)
  • Amelia ( Si Anak Kuat)
  • Pukat (Si Anak Pintar)
  • Burlian (Si Anak Spesial)
  • Menentukan Tujuan Utama Penulisan Buku

Jika kamu sudah mulai mentok dan bingung dalam memilih judul buku, mungkin kamu perlu merenung lagi—menentukan tujuan utama penulisan bukumu itu untuk apa sih? Baca dari awal lagi naskahmu, hingga kamu menemukan kekhasan dan tujuan dari penulisan buku tersebut.

Misalnya saja, perasaan yang kamu rasakan ketika menulis judul buku tersebut, seseorang yang menginspirasi bukumu tersebut dan masih banyak lagi sudut pandang yang bisa dilihat untuk menentukan tujuan utama penulisan buku.

Demikian beberapa tips memilih judul buku yang mungkin bisa kamu terapkan. Sebenarnya masih banyak tips lainnya yang bisa diterapkan. Namun, beberapa tips di atas terbukti manjur diterapkan di beberapa penulis. Semoga membantu, ya. Semangat menulis!